Wednesday, May 1, 2013

Tips Milih Kata Dalam Sebuah Materi Stand Up Comedy Reviewed by ehcrazy moment on Wednesday, May 01, 2013 Rating: 5

Tips Milih Kata Dalam Sebuah Materi Stand Up Comedy



Dalam menulis materi stand up comedy pemilihan kata itu penting. Materi boleh jadi lucu, dan pemilihan kata membuatnya lebih tajam. Di dalam punchline pilihlah kata yang jelas didengar atau ear-catchy kalau perlu yang nyeleneh.

Contoh bit Sammy soal "kemacetan" dan "asongan". Yang dijual oleh asongan bukan hanya gemblong, banyak. Kenapa saya pilih gemblong. Gemblong, secara kata saja sudah lucu, membuat materi semakin tajam. Bahkan orang yang tidak tahu gemblong pun bisa ikut tertawa.

Atau bit Muhadkly Acho, kenapa dia pakai kata "jamban" bukan "toilet" atau "closet" ... alasannya sama dengan "gemblong".
Contoh lain Muhadkly Acho, dia pakai tendangan bebas vs fardhu (bukan wajib). Yang & kurang mengerti pun bisa ikut tertawa.

Atau Mongol_Stres yang cerita tentang Orang Batak mirit kartu, lama banget. Dia pakai kata "MELESET" bukan "GAGAL" atau kata lain. Atau pakai kata "selaput dara" dibanding "keperawanan" dalam salah satu bit Sammy.

Dalam dunia sastra "tips milih kata" tadi disebut "diksi", dan diksi ini yang salah satunya akan menentukan karakter elo sebagai stand up comedian.
Makanya kenapa Mongol_Stres contohnya pakai kata "MELESET" bukan "GAGAL". Karena Orang Batak punya masalah dalam pronounce vocal "E", tapi tidak "A"
Dan dari contoh Mongol tadi, kata "MELESET" sudah menjadi punchline dari keseluruhan cerita dia tentang Org Batak.

Chris Rock pun secara eksplisit malah membedakan antara "Blow Job" dengan "fellatio" walaupun keduanya mengacu pada kegiatan yg sama :) 
Banyak contoh-contoh dari comic local. Ence Bagus contohnya yang pakai kata "colokan" untuk menerangkan sumber listrik. Catchy banget

Jadi udah jelas ya, ternyata ada pentingnya juga cara lo memilih kata dalam materi lo. Silakan dicoba.